Minggu, 09 Mei 2010

Jeprat-Jepret

Yup its pinhole time. Mungkin ada sebagian yg tidak tahu apa itu pinhole. So, gw akan mencoba menjelaskannya secara sederhana. Ehm..ehmm...Pinhole ituuuu.....arti harfiahnya adalah kamera lubang jarum: sebuah kamera sederhana yang terbuat dari kaleng susu dan percaya atau tidak, kamera sederhana itu bisa berfungsi layaknya kamera foto modern. Dy bisa merekam gambar (MASA??? GAK MUNG...). Tunggu2...bentar2...gw akan menjelaskan kenapa hal itu bisa terjadi? Pertama...ehhh....karena....itu...akkkhhh susah gw jelasinnya...kalo u ga percaya u liat aja keterangannya di google, search kata pinhole, nah dari situ u pasti lebih ngerti apa itu pinhole, hahaha...Sori gw lagi malas jelasinnya, cuman satu hal yg bisa gw kasih tao ke elu2 adalah hasil dari kamera pinhole itu hitam putih (B/W).

8 Mei 2010 (hari Sabtu, di salah satu sudut jalan jakarta)
Tik-tak..tik-tak...waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore dan seharusnya ini adalah saatnya untuk naik ke Mega Mendung bersama kakak pembina bintang dari JP. Tapi seperti biasa, selalu ada yg namanya perubahan acara di last minute, waktu keberangkatan yg seharusnya jam 3 menjadi jam 5-an hehe...(Ga asing kan, alwaysss deh!). Bagaimana ini bisa terjadi, apakah penyebabnya? Mengapa harus mundur waktu keberangkatan? Siapakah yang menyebabkan hal ini? Siapa yg harus disalahkan? Mungkin satu/dua pertanyaan tsb terlintas di benak Anda. Oke beginilah ceritanyanya....Gue akan cerita selengkap-lengkapnya dari 1 hari sebelum hari-H (jumat). Awalnya kakak2 bintang yg ingin ikut pinhole adalah sbg berikut: Ajon, Nina, Santi, Prapti, Andhika, Itin, Riny mallo, Faye, Cynthia, Ilia, Vonny dan Icil. Tetapi karena satu hal dan lainnya maka Prapti, Riny Mallo, Faye, Cynthia, Ilia, Vonny dan Icil tidak bisa ikut bergabung. Arrggghhh, berbagai perasaan bercampur seperti soto ayam, sedih, sebal dan segala tetek bengek lainnya. Tapi apa mau dikata, yg terjadi terjadilah...Kalo kata org bule: the show must go on.

Gue sendiri merasa senang bangettt ketika gw tao ternyata Prapti akhirnya bisa ikut pinhole...Yippiii...YESS!! Waktu itu gw belom tao kalo nanti akan ada 1 org lagi yg jadi ikut (bisa kebayang donk gw nanti senangya kayak gimana? hahaha...^^). Yah, org itu adalah Rinny Mallo. Dy sabtu pagi udh sms gw bt tanya keberangkatan jadinya kapan? Dy masih berharap kalo waktu keberangkatan yg tadinya jam 3 diundur jadi jam 6 sehingga dy bisa ikut, kalo jam 3 dy ga bisa. Nahhhh, karena dy-lah akhirnya gw memutuskan utk mundurin waktu jadi jam 5-an. Walopun akhirnya...seperti biasa..waktunya molor lagi jadi jam 6an baru berangkat...hahaha.

Tapi apapun yg terjadi, akhirnya kita berangkat juga dgn mobil CRV terbaru, di mana sang pilot adalah tak lain dan tak bukan: ANDHIKA dgn navigasi satu2nya, wanita yg paling dy percaya: Christine ato yg biasa kita kenal dgn Itin. Sedangkan di kubu tengah ada si Prapti, Riny Mallo, Nina dan Santi. Trus gw di mana donk? Kan mobil CRV ga ada tempat duduk lagi, di belakang cuma ada bagasi. Eng ing eng....yup, gw duduk di bagasi belakang ditemani oleh barang2 seperti 40 kaleng susu, glek..kebayang kan betapa sempitnya, hehe... Sebenarnya cew2 sudah memaksa gw utk duduk bergabung saja dgn lini tengah, tapi gw ga mau. Bukannya gw ga normal yah, ga tertarik dgn para wanita, hehe...tapi buat gw...gw udh cukup merasa puas dgn ukuran 1x1 langkah kaki di bagian bagasi. Toh gw juga ga mau mereka jadi kesempitan dgn 5 org duduk di tengah, gw lebih memegang prinsip, lebih baik 1 org yg menderita daripada banyak orang, betullll???? Hehe...Yg pasti biar sempit gw udh sangat senang bahwa kita semua pada akhirnya bisa naik ke puncak bt pinhole. Brum...brum...and the car begins to start the journey. (Satu hal yg luh hrs tao di puncak lagi macet bok, hiks2....T_T...anjrottt mengapa ini harus terjadiiii????hahaha......).

Akhirnya kita2 sampai di Villa sekitar jam 8.30, sedangkan pihak Blend (klub fotografi BDI) udh nyampe dari tadi. Oh iya gw lupa cerita kalo kita bakal pinhole bareng Blend. Mereka yg nantinya akan mengajarkan kita bagaimana pinhole itu? Pihak Blend yg ikut ke Villa cuma 5 org, Yoshi, Benz, Ksanti, Adi dan Leo. Di antara mereka yg paling mengerti soal Pinhole tentu aja si Yoshi, soalnya dy dah pernah mengadakan pinhole ini beberapa kali, sedangkan sebagian besar lainnya sama aja kyk sebagian besar kakak pembina bintang, blom pernah nyobain apa itu pinhole^^. Hal pertama yg gw lakukan setelah sampai di Villa adalah men-check brang2 bersama yoshi utk memastikan perlengkapan pinhole lengkap atau tidak? ternyata ada beberapa item yg kurang, terpaksa gw besok pagi harus turun utk membeli beberapa keperluan.

Kakak pembina bintang belom ada yg makan malam, jadi wajar aja cacing2 di perut pada meronta melakukan unjuk rasa. Kabar baiknya adalah ternyata yg jaga villa dhika membuka usaha warung bakmi, otomatis bakmi segera dipesan. Gw pribadi ga pesen bakmi soalnya gw udh ada bekal sendiri, hehe...Nyokap dah bungkusin makanan dari rumah. Nyokap gw ga tao aja gra2 itu suasana sirik agak mewarnai malam itu. Cuma gw doank yg beda makan malamnya, hehe....

Malam itu, kita membuat kamera lubang jarum dari kaleng susu. Kita mempersiapkan barangnya utk bisa melakukan pemotretan besok. Tapi sebelomnya, tentu saja pihak Blend menjelaskan terlebih dahulu teori pinhole dan sejarah dari pinhole ke kita2. Banyak hal menarik ttg pinhole yg kita pelajari malam itu. Oke, gw langsung aja skip bagian cerita ini. Intinya kita buat kamera pinhole dan besok paginya jam 9 kita baru akan shoot ato coba2 foto objek. The big day is tomorrow. Can't wait to start.....zzzzZZzz..eh belom tidur deh, maen bola ping-pong dulu baru tidur, tak tok..tak tok...tak tokkk....zzzzZZzzz.....hehe...

9 Mei, 2010 (hari minggu, di villa dhika)
Jam 7 gw dah bangun, gw turun ke bawah deket mesjid bt bli keperluan yg belom lengkap. Pas jam 8 semua anggota dah bangun kecuali....Coba tebak siapa? Iyaaa, si tuan besar Dhika dan si tuan Putri Itin belom bangun, hahaha....akhirnya pemotretan mundur lgi seperti biasa, hahaha....jam 10 baru mulai. Semua excited utk motret. Satu persatu harus masuk ke ruang gelap utk melakukan pengisian kertas foto ke dalam kaleng. Kertas foto sangat sensitif dgn cahaya, makanya jika pengisian dilakukan di luar kamar gelap, maka hasil foto akan jadi gosong. Makanya pengisian (reload) cuma bisa dilakukan di kamar gelap dgn satu-satunya penerangan dari bohlam khusus utk kamar gelap yaitu bohlam berwarna merah. Semua anak2 udah sibuk mencari objek pemotretannya masing2. Gw pribadi menemukan sebuah daun kering yg keren banget. Gw temuin itu di tangga Myoganji pas lagi mau gongyo pagi. Yes, gw dah ada objek pemotretan yg keren. Nina dgn objek rubiksnya. Riny mallo sibuk mengumpulkan segala jenis tumbuh2an dan segala objek menarik yg bisa dy temukan. Benz berkutat dgn meja pingpong. Dan ketika semuanya selesai memotret, akhirnya saat yg ditunggu2. Saatnya pencucian foto di kamar gelap, semua sudah penasaran dgn hasilnya, apakah hasilnya kegosongan (over cahaya) atau kekurangan cahaya (under). Dan ternyata hasilnya di luar dugaan @_@....gosongggggg...ahhahaha....bukan cuma benz, ksanti, leo, dkk...tapi semuanyaaaa.

Setelah diusut dan diselidiki akhirnya kita menemukan penyebabnya...ternyata bohlam merah yg digunakan bocor. Ada titik putih dari bohlam tersebut, mau tidak mau gw harus membeli bohlam merah yg baru atau mencari cat merah utk mencat bohlam tsb agar tidak ada kebocoran lagi. Pemotretan pun dihentikan. Gw harus turun utk ke 2xnya demi membeli cat merah.

Setelah selesai membeli keperluan, akhirnya kita bisa melanjutkan sesi pemotretan yg tertunda. Kali ini tidak seperti sebelumnya, ada yg berhasil dan ada yg tidak. Deg-degkan semuanya pgn liat hasil fotonya jadi ato gak? Woooiii buruan di kamar gelapnya, gantiaannn....Ini menjadi hal yg biasa terjadi pas sesi ini. Hina-menghina hasil foto menjadi semangat tuk mencoba membuat yg lebih baik lagi. Kompetisi makin terasa di sini. Banyak yg bolak-balik masuk keluar kamar gelap utk mendapatkan hasil foto yg sempurna (termasuk gw, malahan gw yg paling banyak keluar masuk, hehe...). Tanpa terasa waktu sudah menunjukkan pukul 3an. Akhirnya kita sepakat utk selesai sesi pemotretan. Setelah kita motret, hasil pemotretan harus dicuci utk mendapatkan hasil negatif. Setelah itu kita masih harus melakukan satu kali proses pencucian foto lagi. Hal ini utk mendapatkan hasil foto positif. Pada akhirnya hasil foto yg paling bagus berhasil dilakukan oleh si Riny Mallo dgn objek kursi. Salut dan kagum buat dy. Tapi jgn bil2 ke dy, dy pasti gede kepala. Gw dah saingan dgn dy sejak awal pinhole, hehe...kalah akhirnya ama dy tapi jujur gw seneng dy bisa dapat hasil yg sempurna. Soalnya gw tao dy termasuk org yg paling semangat utk ikut acara pinhole ini.

Ketika hendak pulang malamnya, hujan turun. Terpaksa kita harus menunda kepulangan soalnya lebih berbahaya melakukan perjalanan pulang ketika hujan. Waktu sudah termasuk malam, hampir jam 7 malam dan sebenarnya banyak anak yg ingin pulang secepatnya karena sudah capeh banget dan besok mereka harus kerja dsbnya. Gw dan beberapa anak (Gw, nina, riny, prapti, adi dan andhika) akhirnya memutuskan utk gongyo sore terlebih dahulu dan sumpah seperti ada keajaiban, ketika kita lagi gongyo hujan langsung berhenti sehingga kita bisa langsung pulang ketika selesai gongyo. Gw beserta pihak blend pulang secara berpisah alias ga konvoi. Soalnya dari pihak kita banyak yg ingin beli oleh2 utk teman atau keluarga. Pokoknya end of story dr workshop ini adalah kita semua sampai ke rumah dgn selamat sehat walfiat beserta oleh2 yg kita beli (kecuali Riny, soalnya oleh2 dy ketinggalan di mobil dhika, skarang ama gw, asikkkk lumayan biar kalah gw dapat oleh2 gratis dr sang juara....hehe...thx yah)

Ps: see u guysss in the next workshop^^

2 komentar:

  1. hahahahhaa.. love itttt jonnnnnnnnnnnnnnn...
    jadi kepengen ikutann.. kapan lagee??
    hahahahahhaha...
    mana ole ole buat kita2 nya?? hehhh???
    cie cieee.. yg bisa bikin pinhole..
    ahahahahaha..

    BalasHapus
  2. tar gw kabarin berikutnya kapan...masih lama sich!

    tapi janji biar tar si Ilia n Cynthia ga ikut, u tetap kudu hrs ikut...hehe

    soal ole2...gampanglah...hahahhaha

    BalasHapus